, ,

2-step verification, Perlindungan Maksimal Account Google dari Serangan Cracker dan Phishing

27 February 2011 Leave a Comment

Pernahkah account Google anda di hack? atau secara tidak disadari anda telah menjadi korban phishing? Banyak di antara sobat-sobat saya yang mengalami nasib naas seperti itu, account email nya dihack, kemudian semua credentials situs, forum dan social networkingnya diambil alih juga oleh sang cracker. Banyak hal yang harus diperhatikan untuk menghindari dan meminimalisir pembajakan account Google kita, salah satunya seperti yang akan saya bahas kali ini, yaitu fitur baru dari Google, 2-step Verification. Fitur baru 2-step verification ini akan mengintegrasikan sistem keamanan yang setingkat lebih maju dari rival-rival Google yang lain dalam urusan keamanan dalam sistem account dan emailnya, yaitu verifikasi lewat password dan lewat akses kode (PIN) yang secara otomatis akan dikirimkan melalui SMS kepada perangkat selular yang telah didaftarkan sebelumnya atau melalui aplikasi Google Authenticator yang tersedia untuk Android, iPhone, dan BlackBerry.


Untuk mengaktifkan fitur ini, silahkan anda membuka halaman Dashboard account Google anda di sini: https://www.google.com/accounts/ManageAccount kemudian klik Using 2-step verification pada kolom Security.


Klik Set up 2-step verification, dan akan muncul halaman selanjutnya yang meminta Anda untuk memasukkan nomor perangkat selular seperti di bawah ini:


Setelah anda mengisi nomor selular Anda, beberapa saat kemudian anda akan menerima SMS dari Google berisi 6 digit angka, masukkan kode tersebut ke dalam kotak isian Code kemudian klik tombol Verify. Setelah kode berhasil dikenali, maka klik tombol Next


Klik tombol Next lagi.


Kemudian pada step selanjutnya akan tersedia kode backup jika suatu saat anda kehilangan perangkat seluluar anda atau karena suatu hal anda tidak bisa mendapatkan akses kode untuk dapat membuka account Google anda. Saya sarankan anda mencetak kode backup tersebut dan menyimpannya baik-baik. Klik Next untuk melanjutkan.


Pada tahap ini kita diminta untuk memasukkan nomor selular alternatif jika suatu saat Google tidak bisa mengirimkan kode akses ke nomor selular utama. Silahkan isi dengan nomor selular yang lain, bisa nomor kerabat, teman, pacar, istri, adik, terserah Anda :) Klik Next dan selesailah set up 2-step verification.

Nah kini saatnya kita tes dengan login ke Gmail/Google Account. Masukkan username dan password seperti biasa dan klik tombol Sign in jika fitur 2-step verification kita tadi telah aktif, maka akan muncul halaman verifikasi kedua yang akan meminta akses kode yang akan otomatis dikirim ke perangkat selular Anda sesaat setelah verifikasi pertama berhasil (username dan password yang valid).


Jika Anda mengakses account Google/Gmail ini dari komputer/laptop pribadi, maka opsi Remember verification for this computer for 30 days bisa anda pilih agar tidak perlu lagi memasukkan kode verifikasi berulang selama 30 hari ke depan.

Kini saatnya Anda lebih bisa tenang dan tidak perlu takut lagi account Google anda kena hack maupun phishing, dengan fitur 2-step verification ini sang cracker pasti puyeng tujuh keliling nyari akses kodenya, tapi lain cerita jika dia bisa punya akses ke perangkat selular kita. So, aktifkan fitur 2-step verification segera, dan jangan sekali-kali menaruh hengpon anda sembarangan :D Selamat mencoba.

Related Posts

7 comments »

  • Bahar said:  

    sampurasun... duh awis teupang, hehe... ajarin dunk bikin blog buat nyari uang...

  • a2i3s™ said:  

    @bhr'86, rampés :)
    Sudah pabalatak kok yang share, tapi ya gitu, gampang-gampang susah nyari duit dari blog, tapi kalau ditekuni dan berhasil, bisa jadi sumber mata pencaharian yang menjanjikan.

  • draxc0la said:  

    mantap euy.. nyobaan ah zies.. hehehe, bisi akun GA aya nu ngehack wkwkwkkw

  • a2i3s™ said:  

    @draxc0la, hehehe.. bener tah, diamankeun bisi aya nu jail :D

  • Anonymous said:  

    wah, baru tahu saya, thanks kang atas infonya :)

  • Anonymous said:  

    Ari abdi teu dipasihan terang carana milari acis diblog teh, padahal tos lami nyuhunkeun diwurukan hiks... :((

  • Anna DR said:  

    google emang paling secure...

  • Leave your response!

    Be nice, Keep it clean, Stay on topic, No spam. Thanks.

    Previous Page Arrow Left Arrow next page arrow right arrow Back to home home icon button