, ,

Hati-hati Blog Anda Dikira Blog Spam

22 June 2009 Leave a Comment

Bagai petir di siang bolong *Sedikit dihebatisir* beberapa hari yang lalu saya menerima email pemberitahuan bahwa salah satu blog saya yang ngikut hosting di blogger telah dilock karena terjerat deteksi otomatis penjaring spam blog. Weleh, kenapa bisa begitu pikir saya. Terus terang blog tersebut merupakan aset yang lumayan sebagai penyumbang dollar bagi saya, otomatis saya tidak diperkenankan membuat postingan baru di blog tersebut sebelum pihak Blogger mereview isi blog saya dan mengunlocknya. doh

Kenapa Blog Saya Sampai Dilock?

Pihak blogger menuding bahwa blog saya merupakan blog spam. Awalnya saya bingung, lho kenapa dikira spam blog? Terus terang memang setiap hari selalu ada postingan baru di blog tersebut, bahkan tak hanya satu postingan dalam sehari, pernah sampai 7 postingan baru dalam sehari, hehehe... tapi apakah itu penyebabnya? Ternyata, setelah diselidiki, ada salah satu postingan terbaru saya yang memuat 4 link yang sama. Owhh... *Manggut-manggut* ternyata itulah penyebabnya, bahwa seharusnya tidak diperkenankan dalam satu postingan terdapat lebih dari 3 link yang sama. Lebih jelasnya silahkan baca di sini. http://en.wikipedia.org/wiki/Link_spam

Apa itu Blog Spam?

Mengutip pernyataan pihak Blogger pada laman berikut http://help.blogger.com/bin/answer.py?answer=42577 telah saya translate ke dalam bahasa Indonesia, lebih kurang seperti di bawah ini:
Seperti banyak tools canggih, blogging kedua layanan ini dapat digunakan dan disalahgunakan. Kemudahan untuk membuat dan memperbarui halaman web dengan Blogger khususnya telah membuatnya menjadi rentan terhadap bentuk perilaku yang dikenal sebagai link spamming. Blog yang terlibat dalam aktivitas ini disebut spam blog, dan dapat dikenali oleh kontent mereka yang tidak relevan, berulang, atau yg bukan-bukan teks, beserta sejumlah besar link, biasanya semua yang menunjuk ke sebuah situs. Spam blog menimbulkan berbagai masalah, di luar yang cukup melelahkan beberapa detik waktu Anda ketika Anda telah menemukan satu. Mereka dapat menyumbat atas mesin pencari, sehingga sulit untuk menemukan konten yang nyata pada mata pelajaran yang Anda minati. Mereka mungkin mengikis konten dari situs lain di Web, dengan orang lain menulis untuk membuatnya tampak seolah-olah mereka mempunyai informasi mereka sendiri. Dan jika sebuah sistem otomatis membuat spam posting di tingkat yang sangat tinggi, hal ini dapat berdampak pada kecepatan dan kualitas layanan lain, pengguna yang sah.
*Maaf cuma bisa pake translator, hehehehe...*

Apa yang harus saya lakukan jika blog saya kena lock?

Pihak blogger juga mengakui bisa saja terjadi kesalahan dalam memvonis sebuah blog sebagai blog spam, karena mereka menggunakan alogritma tertentu dalam menjaring blog yang terindikasi sebagai blog spam. Jika blog kita dilock kita masih diberi kesempatan untuk meminta pihak mereka mereview blog kita, sampai bener-benar dipastikan bahwa blog tersebut merupakan spam blog, jika tidak demikian, maka dalam beberapa hari setelah blog kita direview mereka akan mengunlock status blog yang dilock tersebut hingga kita bisa ngeblog lagi seperti biasa, namun apabila setelah direview blog kita positif sebagai spam blog, dalam 20 hari blog kita akan dihapus.

Bagaimana Agar Blog Kita Tidak Dicurigai Sebagai Spam Blog?

Yang harus diperhatikan adalah jangan pernah sekali-kali kita memuat banyak link yang sama dalam satu postingan, minimal 3 link yang sama, dan pastikan pula postingan kita original, bukan hasil copy-paste milik orang lain.

Ok deh, segitu aja dulu, tetap semangat dan hati-hati jangan sampe dilock yak! icon ngopi

Related Posts

7 comments »

  • Cebong Ipiet said:  

    syerem juga yak, paid review rentan ginian :(

  • riez said:  

    @ebong,
    Iye nih, hiks2... malem ini udeh ada 3 posting ripiw yg antri (doh) nasib2

  • nur kholiq said:  

    hmmm...
    bakal ati2 dechh...

  • Belajar Internet Marketing said:  

    Thanks sudah sharing info yang begitu berharga.
    Salam sukses.

  • atareload said:  

    turut beduka cita and tetap semangat!!!!!!!!!


    bos tukeran link yuk, liny uda tak pasang di blog ane..
    thanks

  • hpnugroho said:  

    thanks udah share sob...
    mesti ati-ati kalo bikin link nih ...

  • infini3 said:  

    Ada satu cara lagi, yaitu dengan cara melakukan banding ke Google melalui reconsideration tool yang terdapat pada Google Webmasters Tools.

  • Leave your response!

    Be nice, Keep it clean, Stay on topic, No spam. Thanks.

    Previous Page Arrow Left Arrow next page arrow right arrow Back to home home icon button