, ,

Kamus Online Bahasa Sunda - Open Project

26 July 2009 Leave a Comment

Terilhami dari percakapan di shoutbox pagi ini, "kenapa ga bikin kamus online aja ya?" nah, coba deh saya googling sana-sini *walau cuma bentaran, tapi dihebatisir dikit* dan menemukan beberapa link yang mengarah ke Kamus Online Bahasa Sunda. Di antara link-link tersebut ada beberapa yang memang sudah tidak bisa diakses lagi webnya, dan sedikit sekali perbendaharaan kosakata yang saya temukan pada web-web yang bisa diakses.

Sebagai seorang Jajaka Priangan, saya tentu merasa terketuk hati mendapati fenomena seperti ini, dan sangat ingin sekali ngamumulé bahasa Sunda sebagai Bahasa Ibu bagi saya, namun apakah saya bisa? mengenal bahasa pemrograman web pun tidak, apalagi yang berhubungan dengan database, PHP, Java Script ték-ték béngék segala rupa (doh) hehehe... saya hanya seorang Blogger Pemula yang masih dikatakan "léléngkah halu kénéh".

Kamus Online Bahasa SundaNamun walaupun begitu, saya akan mencoba dengan segala kemampuan yang saya miliki sesuai dengan kapasitas dan wawasan saya selama ini. Rencananya saya akan membuat halaman khusus di blog ini
yang memuat kosakata dan arti dari bahasa Sunda dengan terjemahan ke berbagai bahasa. Bagaimana nanti jadinya? Mudah-mudahan nyari dan bisa berguna bagi semuanya :)

Saya sangat menghargai dan berterima kasih sekali jika di antara rekan-rekan ada yang berkenan untuk menjadi kontributor maupun berminat bersama-sama dengan saya mewujudkan Kamus Online ini. Dalam pikiran saya mudah-mudahan juga bisa terealisasi menjadi sebuah perangkat lunak portable yang bisa mobile dibawa ke mana saja, dan bagi siapa saja yang ingin menyumbangkan list kata dan artinya dalam bentuk apapun, bisa teks, database, dll. silahkan saja hubungi saya via Y! atau contact via émail, bahkan langsung di kotak kementar juga silahkan, Hatur nuhun sateuacana.

Related Posts

18 comments »

  • Dini Haiti Zulfany said:  

    tak nteni yo kamus bahasa sundanya :D

    biar ga nyasar kalo ke sumedang ato ke bandung wekekek.

  • NiQue said:  

    It's a good start, and it's appreciated :)

    Can't wait for it!

  • dicknyonyo said:  

    Keyen Boss... biar ane nggak kayak orang Planet kalo masuk Shoutbox hehehehe... :D

  • BIZRIL said:  

    Heueuh satuju pisan urang nah dulur.. ku saha deui atuh mun teu ku urang dimumule basa sunda teh, tah kitu ceng, pinter tapi tong poho kana wewengkon asal muasal urang, kabeh basa oge mun bisa mah kudu bisa, tapi angger da balik mah ka tanah sunda.. lain kitu lur????

  • NiQue said:  

    nah lu! kamus nya lom muncul tapi udah dibombardir gini??
    kayaknya sekalian usul boleh ya?

    buatin translate.sundanese/google.co.id

    pasti manteb tuh hohoho

  • miwwa said:  

    beneran ada tuh?

  • draxc0la said:  

    wah mantep tah zies... teu sia2 begadang jadi na lamun terealisasi.. ngke ane bantuan dah :D (versi indo nya silahkan hubungi yg punya blog) wakakakak

  • Dicky Agustine said:  

    alus tah... karek sababaraha peuting katukang mukaan blog sunda, tp neangan kamus basa sunda nu omlen euweuh euy. cik ah...lanjutkan! hahaha

  • ãñÐrî ñâwáwï said:  

    siiip....
    di antosan ku abdi ziz (bener ga?)
    hihiii

  • dody f9 torres said:  

    Sob..saya ada award spesial nih buat kamu, diambil ya..thanks

  • FreeZone said:  

    Wihihiy,, iya perlu tuh untuk melestarikan bahasa sunda,, yang cuma ada di Indonesia ini ,,, hahahaha,,, Salam kenal yaa...

  • Deni said:  

    alah alus tah kang.. mantap heuheu

  • Waskita Jawi said:  

    hahaha.. mantap! bahasa sundaadaaaa

  • Anonymous said:  

    baru googling ketemu http://sunda.web.id. bisa translate kalimat pendek..

  • Anonymous said:  

    Kang rizky, gimana progress kamus online bahasa sunda-nya sudah sampai mana?

    Kebetulan saya juga ingin bikin kamus bahasa sunda yang lebih oke tampilannya seperti kamus.net

  • SAUNG SUNDA said:  

    Assalamualaikum,salam kenal kang,nyari kamus sunda online,coba di sini kang,mudah2an bisa membantu

  • Information And Knowledge said:  

    Numpang backlink yak om...
    keknya pernah kenal ama miminnya wkwkwkwkwkw...

  • noname said:  

    sudah 2 tahun berlalu, kamusnya mana niy? :D

  • Leave your response!

    Be nice, Keep it clean, Stay on topic, No spam. Thanks.

    Previous Page Arrow Left Arrow next page arrow right arrow Back to home home icon button