,

Dapat Hadiah Sitelinks Dari Google

18 June 2009 Leave a Comment

Iseng-iseng buka Google Webmaster Tool kemarin ternyata blog a2i3s yang sepi update ini telah pula dikaruniai tiga Sitelinks oleh Paman Google, hehehe... namun sayang link-link tersebut belum muncul dalam hasil pencarian google untuk kata kunci http://a2i3s-c0ol.blogspot.com. *Pantes lah, hehehe...* Plurk Emoticon - Doohhh!

Google Sitelinks - Cara Mendapatkan Google Sitelinks

Apa itu Google Sitelinks?

Berdasarkan keterangan dari google sendiri, Sitelinks adalah baris links yang dimuat di bawah URL hasil pencarian sebuah situs yang dimaksudkan agar memudahkan dalam menemukan link-link yang dianggap penting dan berguna. Pemuatan link-link tersebut berlangsung secara otomatis berdasarkan algoritma tertentu.

Contohnya dapat dilihat pada hasil penelurusan Blognya Mas Eko di bawah ini:

Sitelinks Preview - Maseko.com

Bagaimana Jika Sitelinks yang Muncul Tidak Kita Kehendaki?

Jika sitelinks tersebut kita anggap tidak relevan dengan kontent blog kita, atau kita tidak menghendaki link tersebut muncul dalam daftar Sitelinks, kita juga bisa meminta google untuk menghapusnya. Hal tersebut bisa kita lakukan dengan terlebih dahulu login ke account Google Webmaster Tools, kemudian pilih Web yang memuat Sitelinks yang kita maksud, lalu di bawah Konfigurasi pilih Sitelinks. Jika situs anda memang telah memiliki sitelinks, maka di sebelah kanan dari link yang muncul tersedia tombol "Block" untuk menghapusknya dari hasil penelurusan Google. Jangan lupa untuk menyertakan alasan mengapa kita ingin menghapus Sitelinks tersebut, hal itu dapat membantu Team Pengembang Google dalam memperbaiki algoritma yang mereka pakai.

Jika permintaan kita untuk menghapus Sitelink tersebut telah disetujui, maka dalam beberapa hari sitelink yang kita maksud akan dihapus. Sitelinks tersebut tidak akan ditampilkan selama 90 hari, dan akan diperpanjang setiap kali kita mengunjungi halaman Sitelinks di Webmaster Tools.

Berapa Minimal Jumlah Sitelinks Agar Muncul dalam Hasil Penelusuran Google?

Agar sitelinks situs kita tampil pada hasil penelusuran Google, minimal kita harus mempunyai sedikitnya 3 sitelinks, kurang dari itu maka Google tidak akan menampilkannya, namun anda bisa memonitor jumlah sitelinks untuk situs anda dengan membuka Google Webmaster Tools.

Tips dan Trik Mendapatkan Sitelinks

Bagaimana agar situs kita mendapatkan Sitelinks dari Google, berikut faktor-faktor yang mempengaruhinya, menurut pembahasan Mas Oka Mahendra di blognya.
1. Harus menjadi nomor satu untuk kata kunci tertentu di Google
2. Dalam hompage minimal ada 3 buah link
3. Link tersebut banyak di-klik pengunjung situs kita
4. Relevan dengan kata yang dimasukkan pengunjung ke Google
5. Perhatikan jumlah pengunjung dan pageview perhari

Nah bagaimana dengan situs anda, apakah udeh dapet hadiah Sitelinks dari Mama Google?! Hayuuu atuh dicek sekarang! Yahoo Emoticon - Hehe

Related Posts

1 comments »

  • draxc0la said:  

    wah keren euyyy, mau atuhhh, kmh tah zies hehehehe

    nuhun info na ahh, jadi pengen nyoba

  • Leave your response!

    Be nice, Keep it clean, Stay on topic, No spam. Thanks.

    Previous Page Arrow Left Arrow next page arrow right arrow Back to home home icon button