,

Blogging Sebagai Mata Pencaharian

31 January 2012 Leave a Comment

Aktifitas ngeblog (Blogging) bagi sebagian narablog mungkin hanya sebatas hobi, tapi bagi saya, blogging adalah mata pencaharian. Karena dengan blog saya bisa menghasilkan uang. Jika dibandingkan dengan gaji seorang PNS hasil dari blog bisa beberapa kali lipat lebih besar. Hasil yang sebesar itu tentunya tidak begitu saja bisa diraih dengan mudah, banyak sekali suka dan duka dalam menggeluti dunia bisnis online melalui blog ini.

Kenapa blog?

Membuat sebuah blog tidaklah sesulit dan seribet seperti yang dibayangkan banyak orang, kita tidak perlu mempelajari berbagai bahasa pemrograman web secara mendalam, cukup dengan sedikit pengetahuan HTML dan CSS dasar maka kita telah siap mengoperasikan sebuah blog. Mempunyai sebuah blog sama dengan kita mempunyai sebuah bangunan, kita bebas menentukan isi dan materi apa saja yang akan disajikan di dalamnya, apakah itu berupa informasi, catatan-catatan pribadi, maupun berupa informasi produk ataupun jasa.

Saya sudah memiliki blog, lantas bagaimana saya bisa menghasilkan uang dari blog tersebut?

Bermacam cara dapat kita lakukan untuk memonetize sebuah blog, cara-cara tersebut diantaranya adalah dengan menyediakan spot iklan, bisa berupa text link atau banner, mengikuti program iklan PPC seperti Google Adsense, Bidvertiser, dan lain-lain. Mengikuti program PTR seperti ReviewMe, Sponsored Review, LinkWorth, PayPerPost, Blogvertise. Program affiliasi, dengan cara memasarkan produk-produk Amazon, ClickBank, dan sebagainya. Untuk dapat mengikuti program-program tersebut sebelumnya kita harus mempersiapkan blog dengan matang terlebih dahulu. Statistik pengunjung, posisi SERP, Pagerank, backlink, Alexa rank adalah faktor yang harus diperhatikan sebelum memutuskan memonetize sebuah blog.

Saya sudah mempunyai blog dengan statistik yang lumayan, tapi kenapa tak kunjung menghasilkan?

Jika hal tersebut terjadi biasanya karena kita tidak menentukan niche yang jelas dan target market yang tepat. Sebelum membangun sebuah blog, tentukan terlebih dahulu niche yang sekiranya akan ramai pengiklan, dengan jumlah kompetitor yang serendah mungkin. Menentukan niche bisa dikatakan gampang-gampang susah, tergantung kreatif dan bagaimana kita memprediksi pergerakan pasar.

Pengetahuan tentang blog, bagaimana menentukan niche, bagaimana cara mendatangkan traffik, bagaimana membuat artikel yang banyak dicari orang, atau bagaimana mempelajari SEO bisa dilakukan secara otodidak seperti yang saya lakukan, bisa melalui forum maupun dengan menyimak tutorial-tutorial yang banyak di share para narablog. Kita juga bisa mengikuti Sekolah Blog yang memang telah dikhususkan mempelajari seluk-beluk masalah tersebut. Selain menghemat waktu, dengan mengikuti sekolah blog, kita akan lebih diarahkan kepada materi yang sesungguhnya, bagaimana menghasilkan uang melalui blog, dengan materi dan formula yang telah teruji para narablog yang telah terbukti sukses.

Nah, bagaimana menurut Anda, kerja 2-3 jam per hari di rumah, dengan penghasilan melebihi gaji Anda sekarang?

Related Posts

0 comments »

Leave your response!

Be nice, Keep it clean, Stay on topic, No spam. Thanks.

Previous Page Arrow Left Arrow next page arrow right arrow Back to home home icon button